SEJARAH TREM DI JAKARTA


                          Warga Jakarta kini mempunyai transportasi publik baru yaitu Mass Rapid Transit 

                           ( MRT ). MRT ini dibangun untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang semakin

                           parah di Jakarta karena tidak seimbangnya jumlah jalan dengan jumlah 

                            kendaraan. 

                            Pembangunan jalur MRT tahap satu dimulai pada tahun 2016-2019. 

                                  

                             Presiden RI Ir. Joko Widodo meresmikan beroperasinya MRT terpadu tahap satu

                             pada 24 Maret 2019. Kehadiran MRT menambah moda transportasi publik yang 

                             beroperasi di dalam Kota Jakarta.

                                    

                             Keberadaan transportasi publik di Jakarta sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. 

                            Menurut sejarawan Susan Blackburn dalam bukunya berjudul Jakarta : Sejarah 400 

                            Tahun sebelum tahun 1869, warga Batavia dan para pendatang yang baru datang di 

                             Batavia umumnya menggunakan sado, delman, bendi, dan palanquin ( tandu ) 

                             untuk bepergian.

                             

                            Semua alat transportasi itu menggunakan kuda sebagai penarik. Kuda yang

                             digunakan adalah kuda kecil dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, yang tidak

                              mampu beradaptasi dengan di Batavia yang lembab dan panas. 

                              Menurut info yang dikutip dari www.tirto.co.id dan wikipedia trem kuda mulai hadir

                             di Batavia pada 1869. Ide ini muncul dari seorang Belanda Petrus Martinus.


                            Dia menghendaki sarana transportasi umum yang dapat mengangkut lebih manusia 

                            dalam satu kali perjalanan.Trem ini ditarik oleh empat ekor kuda yang berjalan di

                            atas rel besi ( tramway ). Trem di Batavia termasuk trem yang tertua di Asia.


                            Menurut sejarawan Alwi Shahab dalam bukunya berjudul Waktu Belanda Mabuk

                            Lahirlah Batavia ( 2013 ) menyebutkan bahwa sebanyak 545 kuda mati hingga

                            tahun 1877 karena kelelahan. 

                            Menurut info dari Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI

                           Jakarta trem kuda melayani rute Kota Lama Batavia ( Jakarta ) hingga Harmonie

                          kemudian rel trem kuda berlanjut dari Harmonie ke Tanah Abang dan Harmonie 

                         ke Meester Cornelis ( Jatinegara ). Satu gerbong trem kuda dapat mengangkut

                           38 orang. 

                         Dalam pengoperasiannya trem kuda masih menggunakan alat-alat yang sederhana. 

                         Kusir menggunakan terompet sebagai klakson. Tiap kali penumpang akan turun, penjual

                         karcis akan membunyikan lonceng. Lalu kusir akan memutar alat yang menyerupai 

                         kompas yang berfungsi sebagai rem.

                          Pada 1881 muncul trem uap di Batavia. Trem Uap dikelola oleh perusahaan trem uap 

                         Belanda Stoomtram Maatschappij. Trem uap melayani rute Kota Lama Batavia-

                         Harmonie-Pasar Baroe-Senen-Jatinegara dan Harmonie-Tanah Abang. 


                         Trem Listrik mulai hadir di Batavia pada 1897 dan mengalahkan pamor trem uap.

                          Trem Listrik dikelola oleh perusahaan trem listrik Belanda, Electrische Tram Mij.

                          Trem Listrik melayani rute Tanah Abang-Menteng-Senen, Menteng-Kramat-Jakarta 

                          Kota, dan Senen-Gunung Sahari.

                          Pada masa pendudukan Jepang, pengelolaan trem di Jakarta dikelola oleh tentara 

                          Jepang. Setelah Belanda kembali menduduki Jakarta, Belanda kembali menguasai

                           trem di Jakarta melalui Bataviaasch Verkehr Maatschappij ( BVM ).

                          Pada 1957 Pemerintah Republik Indonesia menasionalisasi BVM menjadi Perusahaan 

                          Pengangkutan Djakarta ( PPD ).

                    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Bahasa Melayu Dialek Champa Di Kamboja Dan Vietnam

Bahasa Melayu di Singapura